Ringkasan Materi Kelas 11 : ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

sumber : www.canva.com


A. Elastisitas

Suatu bahan atau material umumnya memiliki sifat mekanik dan sifat listrik dan magnet. Salah satu sifat mekanik yaitu sifat elastis.  Elastisitas atau sifat elastis merupakan kemampuan suatu benda untuk kembali ke bantuk semula setelah gaya luar yang bekerja padanya dilepaskan. Sifat elastis suatu benda memiliki batas tertentu, apabila gaya luar yang bekerja melebihi batas elestisitasnya, maka benda tersebut tidak kembali ke bentuk semula (plastis).

B. Tegangan, Regangan, dan Modulus Elastisitas

 (1) Tegangan (σ) : Perbandingan gaya dengan luas penampang

    (2) Regangan (e) : perbandingan pertambahan panjang dengan panjang awal

    (3) Modulus Elastisitas : Perbandingan antara tegangan dengan regangan
     

C. HUKUM HOOKE

     Hukum Hooke menyatakan "Jika gaya tidak melampaui batas elastisitas suatu pegas, maka pertambahan panjang berbanding lurus denga gaya tariknya"

  



   

  Gaya Pemulih

        Benda yang ditarik dapat kembali ke bentuk semula karena adanya gaya                 pemulih  yang  bekerja pada benda.
    

    




    D. SUSUNAN PEGAS
    (1) Susunan seri
              


    (2) Susunan paralel



        (3) Susunan seri - paralel
        Untuk susunan seri-paralel dapat dikerjakan secara terpisah seri dan paralel                seperti pada gambar berikut ini :

   


    E. ENERGI POTENSIAL PEGAS
    usaha atau energi yang diperlukan untuk meregangkan pegas sejauh x adalah :


Contoh soal 1 :
Perhatikan gambar berikut !

Balok massanya 300 gram pada gambar disamping ditarik kekanan sejauh 20         cm dari posisi setimbangnya (k = 30 N/m). Sistem kemudian dilepaskan, berapakah kelajuan balok saat dilepaskan ?                        
jawab :


Contoh soal 2 :
Jika sebuah pegas digantung beban bermassa 75 gram, pegas bertambah panjang 5 cm. Massa beban yang harus digantungi pada ujung pegas agar pegas bertambah panjang 10 cm adalah …
Jawab :
“ Massa benda sebanding dengan pertambahan panjang pagas” makin besar massa benda yang digantung makin besar pertambahan panjang pegas



contoh soal 3 :
Perhatikan grafik berikut ini !

Grafik disamping menunjukkan hubungan antara gaya tarik dengan pertambahan panjang suatu pegas. Energi potensial untuk panjang pegas sejauh 4 cm adalah Jawab :



Oke guyss. demikianlah materi singkat Elastisitas dan Hukum Hooke. Materi ini akan dipelajari di kelas 11 semester 1. semoga ringkasan materi ini bisa membantu kamu belajar di rumah dan jadi referensi belajar. 


















 

Posting Komentar

0 Komentar