CATATAN Fisika Kelas 9 : ENERGI DAN DAYA LISTRIK

sumber : www.canva.com

A. ENERGI

Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Energi listrik berasal dari sumber energi listrik antara lain baterai, akumulator, PLTA, PLTN. Energi listrik paling sering kita gunakan karena mudah dikonversi menjadi bentuk energi yang lain.
satuan energi : 
  • dalam SI = joule
  • kalori atau kilo kalori
  • kilowattjam (kwh)
hubungan joule dan kalori :


contoh soal : 1
Sebuah pemanas dihubungkan dengan tegangan 120 volt menghasilkan arus listrik sebesar 500 mA. Jika pemanas digunakan selama 30 menit, maka energi listrik yang dihasilkan oleh pemanas adalah ..

contoh soal 2 :
Sebuah lampu memiliki spesifikasi 10 W / 220 V digunakan selama 1 menit. Tentukan besar energi yang dihasilkan :
a. dalam satuan joule
b. dalam satuan kalori
jawab :

    

B. DAYA

merupakan energi yang dihasilkan tiap sekon. Rumus-rumus daya listrik :

W = energi (joule)
P = daya (watt)
V = tegangan (volt)
I = kuat arus listrik (ampere)
R = hambatan (ohm)

Apabila sebuah lampu dengan spesifikasi tegangan V1 dan daya P1 tertentu dipasang pada tegangan V2 yang lebih rendah (V2 < V1), maka nyala lampu tersebut menjadi lebih redup. Hal ini terjadi karena arus yang mengalir pada lampu menjadi lebih kecil sehingga daya P2 menjadi turun sedangkan hambatan lampu tetap. Untuk menghitung daya yang dihasilkan setelah mengalami penurunan tegangan dapat digunakan persamaan berikut ini :


contoh soal :
Sebuah lampu memiliki spesifikasi 60 W /220 V. Jika lampu tersebut dipasang pada tegangan 110 V, maka daya yang dihasilkan adalah ...

MENGHITUNG BIAYA REKENING LISTRIK


CONTOH SOAL :
Sebuah rumah sederhana terdiri dari 2 lampu masing-masing 25 watt yang digunakan selama 4 jam/hari. 4 lampu masing-masing 35 watt yang menyala 10 jam/hari. 1 buah TV 120 watt menyala 6 jam/hari, dan sebuah kulkas 200 watt yang menyala sepanjang hari. Jika tarif listrik per kwh Rp1000,- berapa biaya yang harus dibayarkan setiap bulannya ?

C. KONVERSI ENERGI

Energi listrik sangat akrab dengan kehidupan kita sehari-hari karena mudah diubah / dikonversi menjadi bentuk energi yang lain, contohnya energi listrik menjadi energi panas (kalor),  penggunaan ketel listrik untuk memanaskan air. besar energi kalor yang dihasilkan dari energi listrik adalah sama.


contoh soal :
Sebuah ketel listrik memiliki spesifikasi 60 W / 220 V digunakan untuk mendidihkan air sebanyak 200 gram. Jika suhu air mula-mula 30 derajat celcius, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendidihkan air tersebut ?
jawab :

TRANSMISI ENERGI LISTRIK
Pada saat transmisi energi listrik yaitu mendistribusikan daya dari pusat pembangki listrik hingga sampai ke pemukiman masyarakat ada sejumlah daya yang hilang (berubah menjadi energi panas) karena adanya tegangan tinggi saat transmisi. Daya yang berubah menjadi energi panas ini disebut daya disipasi.

contoh soal :
Dari sumber pembangkit listrik daya sebesar 150 MW ditransmisikan menggunakan listrik tegangan tinggi 300 kV. Jika hambatan kawat transmisi sebesar 20 ohm, berapakah daya yang sampai ke tujuan ... ?
Tentukan dahulu kuat arus yang mengalir selama transmisi melalui persamaan :



oke adik-adik, demikianlah sedikit materi mengenai energi dan daya listrik. semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi belajar buat kalian ya. 









































 

Posting Komentar

1 Komentar