Ringkasan Materi Kelas 8 : PESAWAT SEDERHANA


Sumber : www.canva.com


Pesawat Sederhana merupakan alat-alat sederhana yang digunakan untuk mempermudah usaha manusia seperti tuas/pengungkit, katrol, bidang miring, roda-roda. Oke langsung saja kita bahas satu-persatu jenis pesawat sederhana.

(1) Tuas/Pengungkit


Sumber : sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id

Tuas terdiri dari :
W = beban (N)
F = kuasa (N)
Lk = lengan kuasa
Lb = lengan beban

Jenis-jenis tuas :  


Sumber : www.artikel-kependidikan.blogspot.com

Rumus Tuas / Pengungkit 


Keuntungan Mekanis (KM) adalah Bilangan yang menunjukkan berapa kali pesawat sederhana menggandakan gaya. Keuntungan mekanis tuas dirumuskan :


Contoh soal 1
Perhatikan gambar dibawah ini !
Agar tuas seimbang besarnya gaya F yang diperlukan untuk mengangkat beban adalah ...

sumber : www.downloadfileguru.com



Contoh 2
Perhatikan gambar berikut ini !


Jika titik tumpu digeser 5 cm menjauhi beban, agar tuas tetap seimbang hal yang harus dilakukan adalah menggeser kuasa ... sejauh menjauhi beban.
jawab :
Sebelum titik tumpu digeser tentukan lengan kuasa (lk)




sehingga agar seimbang maka kuasa digeser 90 cm - 75 cm = 15 cm 

(2) Bidang miring

Sumber : www.dosenpendidikan.co.id

Bagian-bagian bidang miring :
W = beban (N)
F = kuasa (N)
s = panjang bidang miring
h = tinggi bidang miring

Keuntungan mekanis :


contoh alat yang menggunakan prinsip bidang miring antara lain sekrup, pisau, tangga.

Contoh soal :

sumber : docplayer.info

Beban 500 N dinaikkan ke atas truk setinggi 1,5 m menggunakan papan sepanjang 3 m seperti ditunjukkan gambat diatas. Besarnya keuntungan mekanis dan besar gaya F yang diperlukan untuk mendorong beban adalah ...
 



(3) KATROL

KATROL merupakan roda yang berputar pada suatu poros. Pada katrol terdapat tali atau rantai sebagai penghubung. Katrol terdiri dari 3 jenis antara lain :
(a) katrol tetap
(b) katrol bebas
(c) katrol majemuk

Keuntungan mekanis katrol :
(a) Pada katrol tetap, panjang lengan beban sama dengan lengan kuasa, sehingga keuntungan mekanis katrol tetap = 1




    Sumber : www.fisikabc.com


contoh dari katrol tetap adalah sumur timba dan tiang bendera

(b) Pada katrol bebas, kedudukan atau posisi katrol berubah dan tidak dipasang pada tempat tertentu. Katrol bebas biasanya diletakkan di atas tali yang kedudukannya dapat berubah. Salah satu ujung tali diikat pada tempat tertentu. Jika ujung lainnya ditarik maka katrol akan bergerak. Contoh katrol bebas dapat kita temui pada alat pengangkat peti kemas di pelabuhan. Keuntungan mekanis katrol bebas :




Sumber : www.fisikabc.com


(c) Katrol majemuk, adalah katrol gabungan dari katrol tetap dan katrol bebas. Kedua katrol dihubungkan dengan tali. Pada katrol ini beban dikaitkan pada katrol bebas, salah satu talinya dikaitkan pada katrol tetap. Saat ujung tali ditarik maka beban akan terangkat beserta bergeraknya katrol bebas keatas. Pada katrol majemuk keuntungan  mekanis tergantung dari banyak tali yang digunakan untuk mengangkat beban atau jumlah katrol yang digunakan. 


(3) RODA BERPOROS

Roda berporos, adalah roda yang dihubungkan dengan suatu poros dapat berputar bersama-sama. Prinsip kerja roda berporos memanfaatkan perbedaan jari-jari antara dua roda yang mempunyai satu poros. Jadi, roda berporos terdiri dari dua roda yang berbeda jari-jarinya dan berputar bersamaan. Gaya kuasa biasanya dikerahkan kepada roda yang lebih besar sedangkan roda yang lebih kecil mengerjakan gaya beban. Salah satu contoh roda pada kehidupan sehari-hari adalah rautan pensil.




Roda gigi (gir) adalah sepasang roda bergigi saling bersinggungan di sekeliling lingkarannya. Roda gigi yang berputar memberikan kuasa disebut gir input, sedangkan roda gigi yang berputar oleh gir disebut gir output




sumber : www.otoflik.com


Demikianlah jenis-jenis pesawat sederhana yang mempermudah usaha manusia. Adik-adik kelas 8 akan mempelajari materi ini semester 1 akhir. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu adik-adik mempelajari pesawat sederhana. Selamat Belajar😀😀.  

Link Download Materi Pesawat Sederhana 👇 :

Download materi  Pesawat Sederhana
 








Posting Komentar

2 Komentar